Membuat Game / Permainan Komputer
>> Minggu, 05 Juli 2009
Bermain Komputer tentunya sangat menyenangkan, apalagi bila dapat membuatnya sendiri dan melihat orang lain memainkannya. Dulu tidaklah mudah membuat sebuah game, namun sekarang telah tersedia program-program pembuat game yang mudah dipelajari. Diantaranya yang cukup terkenal adalah: Game Maker, The Game Factory, Game Editor, Multimedia Fusion, FPS Creator dan masih banyak lagi.
Kali ini pilihan jatuh pada GAME MAKER dengan beberapa alasan :
- Mudah digunakan ( memiliki fasilitas Drag and Drop )
- Cukup Handal karena bahasa programnya
- Tidak Mengacu pada satu jenis game
- Lengkap dengan program pendukung
Membuat sebuah game dapat dibayangkan seperti menciptakan sebuah dunia / tempat (pada GAME MAKER hal ini dikenal dengan istilah ROOM) dan isinya (OBJECT). Kemudian kita beri sifat dan perilaku pada object didalam ROOM untuk berinteraksi satu sama lain sesuai yang diinginkan. Nampaknya mudah .. kan ? , OK... kita bahas lebih detail lagi.

OBJECT
Terdapat beberapa obyek seperti misalnya tembok, batu, ataupun pohon - hanya diam di tempat tanpa melakukan apapun. Sedang Obyek lain, seperti karakter utama akan bergerak didalam Room dan bereaksi terhadap masukan Pemain game ( melalui keyboard, mouse, ataupun Joystick/GamePad) dan terhadap obyek lain.
Kebanyakan Object memerlukan sebuah gambar/ citra ( image) agar dapat dilihat pada layar. Gambar / citra semacam itu dikenal dengan istilah sprite.
Sebuah sprite seringkali bukan hanya berupa gambar tunggal melainkan dapat juga berupa kumpulan gambar yang ditampilkan berurutan untuk membentuk gambar hidup (animasi ). Dengan cara ini sebuah karakter akan nampak berjalan, berputar, meledak dan sebagainya.
Satu istilah lagi yang nantinya akan banyak digunakan dalam GAME MAKER ini adalah Instance yang mewakili object didalam ruang game ( room). Didalam sebuah room mungkin saja terdapat beberapa Instance ( NAGA 1, NAGA 2, dst ) dari object (NAGA) yang sama.
Saat Pemain menekan sebuah tombol keyboard, terjadi sebuah keyboard event, dan instance yang mewakili object tertentu dalam room dapat mengambil action yang sesuai misalnya berjalan ke arah yang diinginkan..
Setelah Objects dalam game di-definisi-kan ( dalam arti sprite, event, dan action telah ditentukan), saatnya untuk men-definisi-kan room dimana objects tersebut akan tinggal.
Room dapat digunakan sebagai level dalam game atau untuk masuk kedalam lokasi yang berbeda.. Room umumnya memiliki background, yang dapat berupa latarbelakang dengan kombinasi warna sederhana atau berupa gambar yang lebih rumit- misal kota, hutan, dsb.
Demikianlah sekilas uraian pembuatan game dengan GAME MAKER.
Sejauh ini , beberapa hal penting ( sering juga disebut Resource) telah dikenalkan yaitu :
objects: merupakan pemeran utama didalam game
rooms: merupakan tempat / level dimana object tinggal
sprites: adalah gambar (animasi) yang mewakili tampilan objects
sounds: dgunakan dalam game sebagai efek atau musik latarbelakang
backgrounds: adalah gambar sebagai penghias Room.
Sebenarnya terdapat sejumlah resources lain seperti paths, scripts, fonts, dan time lines yang akan berguna pada game –game yang lebih rumit. Semua Fasilitas tambahan tersebut hanya ada pada Advanced Mode dari GAME MAKER. OK! waktunya masuk ke program game yang sesungguhnya.
2 komentar:
Bagus, Saya ingin kelanjutannya
lengkap bgt ulasan gamemakernya
Posting Komentar